Rabu, 26 Juni 2013

Dampak Positif Dan Negatif Situs Jejaring Sosial

 
       

 Situs jejaring sosial kini telah berkembang dengan pesat, karena efek dari perkembangan teknologi khususnya teknologi komunikasi,Social network atau yang lazim dikenal sebagai jejaring sosial kini telah berkembang dan menajdi trend atau gaya hidup manusia modern.Tidak melihat usia, baik tua maumpun muda menggunakan Social Network karena kebutuhan di zaman moderen ini.

           Perkembangan dalam dunia teknologi komunikasi yang terus berkembang ini telah menciptakan pengaruh yang sangat besar bagi peradaban manusia. Keberadaan situs-situs jejaring sosial menimbulkan pengaruh yang berbeda-beda terhadap penggunanya. Ada efek positif, ada pula efek negatifnya. Tinggal bagaimana pengguna jejaring sosial memanfaatkan dan mengelola kebutuhannya terhadap jejaring sosial ini.

          Berikut ini beberapa efek positif dari situs jejaring sosial menurut pandangan saya

  • Sebagai media penyebaran informasi
                       Dengan semakin canggihnya media komunikasi sekarang ini, sehingga memungkinkan kita mengirim atau menerima informasi dengan begitu cepat, apalagi dengan di dukung dengan perkembangan situs jejaring sosial yang kini dapat di akses melalui telepon genggam (HP) atau multimedia portebel lainya.Membuat kita merasa dunia dalam sentuhan kita.

  • Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial 
                       Jejaring sosial juga dijadikan ajang perkumpulan komunitas- komunitas tertentu, sebagai sarana untuk saling berbagi pengalaman dan sebagai tempat pembelajaran tentang sesuatu.Sehingga dengan adanya perkembangan teknologi, situs jejaring sosial memungkinkan kita mengembangkan keterampilan kita, sekaligus sebagai sarana sosialisai kepada komunitas atau kelompok tertentu.

  • Memperluas jaringan pertemanan
                       Dengan maraknya penguna situt jejaring sosial saat ini, membuat kita para pengguna situs ini menjadi merasa melintasi jarak dan waktu, kita bisa melakukan contak terhadap orang yang berada ribuan km jauhnya hanya dalam hitungan detik, sehingga dapat memperluas jariang pertemanan kita dengan mudahnya.dengan perkembangan teknologi saat ini, kita tidak hanya dapat mengirimkan tulisan saja namun kini kita juga dapat mengirim gambar atau video kebada teman kita yang jauh di sana dengan sangat cepat.

Namun, dibalik pengaruh positif yang ditimbulkan, terdapat pula efek negatif. Diantaranya:

  • Kejahatan dunia maya (cyber crime)
                        Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.


  •  Menurunya tingkat sosialisasi di dunia nyata
                        Perkembangan situs jejaring sosial tetnyata menimbulkan efek kecanduan, hampir seperti narkoba.pengguna jejaring sosial kini terlalu asik dengan dunia maya dan jenderung malas untuk benar- benar berinteraksi di dinua nyata karena keasikany di situs jejaring sosial.

  • Rawanya terjadi kebohongan publik
                       Karena situs jejaring sosial adalah sarana bersosialisasi namun tak tampak(maya), maka orang- orang dapat dengan mudah menipu atau tertipu di dalam dunia tersebut, karena tidak ada kejelasan atau data yang benar- benar valid di situs jejaring sosial tersebut.

Mungkin masih banyak lagi dampak positif atau positif dari situs jejaring sosial, setidaknya ini bisa menjadi gambaran kalian tentang dunia baru(new word) yaitu dunia cyber, saya berharap kita semua bisa memanfaatkan dengan benar teknologi moderin ini.

                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar